UKM Cendekia UMUS Selenggarakan Seminar Ilmiah dan Pelatihan Proposal Pengabdian Masyarakat

Salah satu nara sumber memberikan materi seminar

Berita Kampus – Dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkan dharma perguruan tinggi yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Cendekia menyelenggarakan kegiatan seminar ilmiah dan pelatihan penyusunan proposal pengabdian masyarakat.

Kegiatan ini bertemakan “Menjelajah Dunia Lewat International Conference dan Publikasi Ilmiah Scopus” dengan narasumber yaitu Bayu Rizky Pratama, M.Sc. dan Prasetyo Yuli Kurniawan, M.Pd.

Bayu Rizky Pratama, M. Sc Pemateri Seminar Ilmiah

Masing-masing narasumber memberikan materinya tentang bagaimana membuat jurnal ilmiah yang dapat dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional. Jurnal ilmiah pada umumnya adalah sebuah publikasi periodik berupa karya tulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara berkala. Biasanya, jurnal ilmiah diterbitkan pada jangka waktu tertentu yaitu setiap empat bulan atau satu tahun sekali.

Baca juga : Prodi Akuntansi UMUS Adakan A’Competition 2021 dan Seminar Pasar Modal

Tujuan pembuatan jurnal ilmiah adalah untuk mengembangkan sebuah penelitian yang telah ditulis serta menjadi acuan untuk para peneliti lain yang sedang melakukan penelitian sejenis. Umumnya, jurnal ilmiah memiliki cakupan pembahasan materi yang luas dan padat, yang setiap kalimatnya bernilai ilmu pengetahuan.

Dengan sering mempublikasikan jurnal ilmiah, banyak kesempatan yang dapat diperoleh bagi dosen maupun mahasiswa. Melalui karya-karyanya dapat dikenal oleh masyarakat umum maupun kalangan akademisi, sehingga kesempatan untuk menjadi pembicara akan terbuka luas.

Sedangkan, pemateri yang lain memberikan pengalamannya bagaimana agar bisa tembus pada hibah pengabdian masyarakat. Setiap tahun Kemendikbudristek membuka hibah penelitian dan pengabdian masyarakat baik kepada dosen maupun mahasiswa.

Acara ini diharapkan dapat menumbuhkan minat bagi mahasiswa pada khususnya dan dosen pada umumnya agar UMUS semakin meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*