Verifikasi dan Visitasi Daring Program Kompetisi Kampus Merdeka 2021 Pada Fakultas Sains dan Teknologi UMUS

Tim FSainstek dan Jajaran Rektorat dalam Verifikasi dan Visitasi Daring Program Kompetisi Kampus Merdeka 2021

Berita Kampus – Seperti yang sudah diberitakan pada artikel sebelumnya (baca disini), akhirnya proposal Program Kompetisi Kampus Merdeka 2021 Fakultas Sains dan Teknologi (FSainstek) diterima oleh panitia Program Kompetisi Kampus Merdeka 2021 Kemenristek Dikti. Proposal yang diajukan untuk dua program studi yaitu : Agribisnis dan Ilmu Teknologi Pangan.

Sabtu, 17 April 2021 Panitia melakukan verivikasi dan visitasi secara daring (dalam jaringan) via Zoom yang ikut dalam acara tersebut adalah ketua yayasan, pimpinan universitas (rektor, dan para wakil rektor), mitra program studi, tim task-force koordinator program studi, perwakilan dosen dan mahasiswa FSainsteks.

Baca juga : Dua Prodi UMUS Usulkan Program Bantuan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Seperti yang telah diketahui bersama, kebijakan Kampus Merdeka yang telah diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan salah satu kebijakan yang akan menjadi modal dasar kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia. Kebijakan Kampus Merdeka bertujuan untuk mewujudkan manusia yang berdaya saing; yaitu manusia yang sehat, cerdas, adaptif, kreatif, inovatif, terampil, bermartabat, produktif, dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Salah satu instrumen penting untuk mengimplementasikannya adalah dengan menerapkan delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020.

Mahasiswa FSainstek saat wawancara dengan Panitia dari Kemendikbud

Perguruan tinggi melalui program studi yang diselenggarakannya harus mampu menyiapkan mahasiswa menjadi lulusan perguruan tinggi yang merupakan pembelajar sejati yang kompeten, lentur dan ulet (agile learner), siap berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa dan menjadi warga dunia yang produktif. Kemendikbud terus mendorong perguruan tinggi untuk terus bertransformasi agar mampu menyelenggarakan pendidikan tinggi yang relevan dengan dinamika masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat.

Dengan diterimanya proposal FSainstek untuk program Kompetisi Kampus Merdeka 2021 diharapkan kurikulum yang diterapkan benar-benar bisa berguna oleh para lulusan dalam menghadapi kompetisi dunia kerja yang semakin dinamis dan kompetitif. Sekali lagi selamat kepada Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*