FKIP UMUS Kerjasama Dengan FKIP UMP Implementasikan Kurikulum MBKM

Penandatangan Nota Kerjasama antara FKIP UMUS dengan FKIP UMP

Berita Kampus – Dalam rangka menyiapkan lulusan yang tangguh dalam menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat di era revolusi industri 4.0, kompetensi mahasiswa harus semakin diperkuat sesuai dengan perkembangan yang ada. Diperlukan adanya link and match antara lulusan pendidikan tinggi bukan hanya dengan dunia usaha dan dunia industri saja tetapi juga dengan masa depan yang semakin cepat mengalami perubahan.

Berdasarkan hal tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberlakukan kebijakan baru di bidang pendidikan tinggi melalui program “Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM)” yang saat ini mulai diterapkan oleh perguruan tinggi. Kebijakan Kemdikbud tersebut berkaitan dengan pemberian kebebasan bagi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran selama maksimum tiga semester belajar di luar program studi dan kampusnya.

Baca juga : FSainstek UMUS Tanda Tangani Perjanjian Kerjasama Dengan Dinas Pertanian Kab. Tegal

Kebijakan MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran di antaranya pertukaran pelajar, magang/praktik kerja, riset, proyek independen, kegiatan wirausaha, proyek kemanusiaan, mengajar di sekolah, dan proyek di desa/kuliah kerja nyata tematik.

Sebagai bentuk implementasi MBKM, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMUS Brebes menjalin kerjasama dengan FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Kerjasama tersebut tidak saja di bidang pendidikan/pengajaran, namun juga bidang penelitian dan pengabdian masyarakat (tri dharma perguruan tinggi).

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan kedua perguruan tinggi dapat berkolaborasi dalam mengembangkan dan memajukan dunia pendidikan serta menghasilkan karya-karya yang berguna bagi masyarakat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*