Kemendikbud Naikkan Anggaran KIP-Kuliah 2021 Hingga 52 Persen

Mendikbud Nadiem Makarim (Sumber foto : Detik)

Dikutip dari laman kompas.com, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim atau yang akrab disapa Mas Menteri akan menaikkan anggaran Kartu Indoneisa Pintar (KIP) Kuliah tahun 2021. Bantuan dana KIP-Kuliah pada 2020 yang dihitung secara merata sebesar 2,4 juta rupiah per semester dianggap tidak efektif. Sebab, kampus berkualitas baik dengan biaya tunggal di atas 2,4 juta rupiah.

Kenaikan anggaran tersebut ditetapkan oleh Kemendikbud sekitar 52% dari 1,3 triliun rupiah menjadi 2,5 triliun rupiah. Skema tersebut diberlakukan untuk perguruan tinggi dengan program studi (prodi) terakreditasi A sehingga mahasiswa akan mendapatkan dana bantuan maksimal hingga 12 juta rupiah per semester. Menurut Mas Menteri, Kemendikbud sudah mengatur pemberian bantuan KIP-Kuliah berdasarkan akreditasi prodi masing-masing mahasiswa.

Untuk prodi akreditasi A, mahasiswa akan mendapatkan bantuan rata-rata 8 juta rupiah dengan batas maksimal penerimaan dana hingga 12 juta rupiah per semesternya. Prodi akreditasi B dan C tetap sama seperti tahun sebelumnya yaitu 2,4 juta rupiah.

Selain skema dana pendidikan, Kemendikbud juga mengubah skema biaya hidup per mahasiswa berdasarkan indeks harga daerah tempat mahasiswa tersebut kuliah. Biaya hidup per mahasiswa untuk 2021 dibagi menjadi lima klaster daerah.

Klaster pertama mendapat 800 ribu rupiah, klaster kedua 950 ribu rupiah, klaster ketiga 1,1 juta rupiah dan klaster keempat 1,25 juta rupiah dan klaster kelima 1,4 juta rupiah per bulan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, biaya hidup mahasiswa dipukul rata sebesar 700 ribu rupiah untuk semua daerah di Indonesia.

Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes sejak empat tahun terakhir menerima mahasiswa jalur KIP-Kuliah yang sebelumnya jalur bidikmisi. Dan alhamdulillah, dengan bantuan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah dalam hal ini Kemendikbud, benar-benar dirasakan oleh mahasiswa dan kampus dalam meningkatkan jumlah penerimaan mahasiswa.

Semoga kebijakan KIP-Kuliah Kemendikbud yang beru tersebut benar-benar terealisasi pada 2021 ini, di mana kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang terdampak bagi masyarakat Indonesia pada umumnya dan Brebes pada khususnya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruang tinggi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*