Lebih Banyak : Mahasiswa UMUS Ajukan 25 Proposal PKM 2021

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Berita Kampus – Lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Kekurangan atas salah satu dari keempat keterampilan/kemahiran tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan. Sinergisme akan tercermin melalui kemampuan lulusan dalam kecepatan menemukan solusi atas persoalan yang dihadapinya. Dengan demikian, pemikiran dan perilaku yang ditunjukkan mahasiswa akan bersifat kreatif (unik dan bermanfaat) dan konstruktif (dapat diwujudkan). Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif pada hakikatnya dapat dilakukan setiap manusia apalagi yang menikmati pendidikan Tinggi.

 

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) di bawah pengelolaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pembinaan UKM Cendikia mempersiapkan PKM 2021

Sejak diluncurkannya, PKM memperoleh respon positif, baik di kalangan mahasiswa maupun pimpinan perguruan tinggi. Hal ini tercermin dari bertambah banyaknya jumlah perguruan tinggi yang berpartisipasi dan proposal yang diunggah mahasiswa.

 

Pada PKM 2021, mahasiswa UMUS Brebes mengajukan 25 judul proposal. Jumlah ini lebih banyak dari tahun sebelumnya yaitu hanya 14 proposal. Hal ini berarti ada peningkatan yang cukup signifikan untuk pengajuan proposal PKM. Meningkatnya partisipasi mahasiswa UMUS dalam ajang PKM ini tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Cendikia yang dalam setahun terakhir ini secara intensif mengikuti ajang nasional yang diselenggarakan oleh Dirjen DIKTI.

Dirjen DIKTI menyelenggarakan PKM yang terdiri dari skema yaitu: Karsa Cipta, Karya inovatif, Kewirausahaan, Penerapan IPTEK, Pengabdian Kepada Masyarakat, Riset Eksakta, Riset Sosial Humaniora, Artikel Ilmiah, Gagasan Futuristik Konstruktif, dan skema Gagasan Tertulis. Mahasiswa UMUS mengajukan 10 PKM Kewirausahaan, 10 PKM Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 PKM Riset Eksakta, 2 PKM Riset Sosial Humaniora, dan 1 PKM Gagasan Tertulis.

Dengan mengikuti ajang PKM ini, diharapkan mahasiswa mempunyai bekal academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill yang nanti berguna setelah lulus dari almamater tercinta, UMUS Brebes.

Alamat Kampus

Jalan Pageran Diponegoro Km.2 Wanasari
Brebes Jawa Tengah 52252
Telp. (0283) 6199000
Fax. (0283) 6199001

© Hak Cipta 2021 – Universitas Muhadi Setiabudi Brebes | Unit Penerimaan Mahasiswa Baru 2021/2022 | Konten dimutakhirkan 15 Maret 2021