Mahasiswa UMUS Masuk Final Dalam Pemilihan Duta Genre Kabupaten Brebes 2021

Berita Kampus – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Brebes menyelenggarakan kegiatan rutin tahunan Pemilihan Duta GenRe. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan remaja yang ada di Brebes.

Permasalahan remaja merupakan permasalahan yang sangat kompleks mulai dari jumlahnya yang cukup besar hingga permasalahan seputar kesehatan reproduksi remaja. Dalam rangka merespon permasalahan remaja tersebut, BKKBN mengembangkan Program GenRe.

Program GenRe adalah Program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana; berkarir dalam pekerjaan secara terencana; serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Program GenRe tersebut dilaksanakan melalui pendekatan langsung kepada remaja serta orang tua yang memiliki remaja. Pendekatan kepada remaja dilaksanakan melalui pengembangan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja).

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan pemberian akses informasi, pendidikan, dan konseling di PIK Remaja sangat tergantung pada kreativitas dan inovasi serta kapasitas remaja yang akan menjadi role model serta figure dengan dilakukan pemilihan apresiasi Duta Genre.

Pandu Prassetio Utomo Duta GenRe 2021

Figur motivator inilah yang akan menjadi wakil atau Duta GenRe. Dengan adanya Duta GenRe, sosialisasi dan promosi program GenRe di lingkungan remaja akan lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja. Disamping itu, dengan adanya ikon Duta GenRe akan dapat memberikan nilai lebih dalam pelaksanaan sosialisasi dan promosi program Generasi Berencana.

Baca juga : Mahasiswa UMUS Juarai Video Lomba Baca Puisi 2021 Tingkat Nasional

Peserta final Duta GenRe 2021 telah diseleksi oleh koordinator wilayah masing-masing. Di antaranya wilayah selatan dilakukan di Kecamatan Bumiayu, wilayah tengah dilakukan di Kecamatan Ketanggungan dan wilayah utara dilakukan di Kecamatan Wanasari. Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) mengirimkan perwakilannya dan berhasil menjadi finalis, adalah Pandu Prassetio Utomo (Prodi PBSI) dan Annisyah Putri Sulaeman (Prodi Farmasi) setelah melalui tahapan seleksi yang ketat dengan menguji kemampuan bakat yang dimiliki oleh masing-masing peserta. Harapan besar agar perwakilan UMUS bisa menjuarai dalam Duta GenRe 2021 kali ini. Aamiin.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*