Rajaswa Coffee : Startup Rintisan Mahasiswa UMUS Brebes

Cafe Rajaswa Coffee di Sitanggal Brebes

Berita Kampus – Kurikulum perguruan tinggi saat ini sedang dikembangkan menjadi kurikulum agar bisa menghasilkan outcome bagi lulusan. Tidak hanya teori yang disampaikan kepada mahasiswa, namun dosen juga harus memberikan praktik secara riil di lapangan. Melalui kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang menerapkan Kampus Merdeka – Merdeka Belajar (KMMB) diharapkan bisa menghasilkan outcome yang diharapkan oleh semua pihak.

Dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih gayut dengan kebutuhan zaman. Link and match tidak saja dengan dunia industri dan dunia kerja tetapi juga dengan masa depan yang berubah dengan cepat. Perguruan Tinggi dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal dan selalu relevan.

Adalah Muhammad Syahrul Aziz, salah seorang mahasiswa Prodi Manajemen UMUS Brebes yang sudah mempunyai usaha di bidang kuliner. Dia membuka usaha kedai kopi di daerah Sitanggal Brebes dengan nama Rajaswa Coffee. Secara tidak langsung UMUS sudah menerapkan program KMMB, karena dalam bentuk kegiatan di KMMB ini salah satu unsurnya adalah kegiatan berwirausaha.

Ada delapan bentuk kegiatan yang salah satunya bisa dilaksanakan oleh mahasiswa yaitu : magang/praktik kerja, asistensi mengajar di satuan pendidikan, penelitian riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi/proyek independen, membangun desa/KKN tematik, dan pertukaran belajar. Mahasiswa berhak belajar dengan melakukan salah satu bentuk kegiatan tersebut selama tiga semester.

Kegiatan usaha yang dilakukan oleh Aziz menawarkan berbagai jenis minuman kopi dan makanan serta disuguhi dengan iringan musik oleh band akustik. Pengunjung juga dapat menyumbangkan suaranya dengan menyanyi. Oh iya, Rajaswa Coffee juga pernah memenangkan lomba yang diselenggarakan oleh Kemenristek DIKTI melalui Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) dan berhasil lolos pada 2020. Hal tersebut sangat membagakan oleh pihak kampus dan tentu saja oleh Rajaswa Coffee.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*