UMUS Selenggarakan Seleksi KIP Kuliah 2021

Peserta mengikuti seleksi tertulis KIP Kuliah

Berita Kampus – Setelah melalui tahap seleksi administrasi KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah, calon pendaftar mahasiswa baru UMUS (Universitas Muhadi Setiabudi) jalur KIP Kuliah 2021 mengikuti tahap seleksi tertulis dan wawancara (Selasa, 6 Juli 2021).

KIP Kuliah merupakan kebijakan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemdikbudristek) setiap tahun kepada lulusan sekolah menengah yang tidak mampu namun memiliki kemauan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

Setiap tahun selalu mengalami peningkatan anggaran yang diberikan kepada mahasiswa. Tahun 2021, pemerintah memberikan alokasi dana kepada setiap mahasiswa lebih besar yaitu Rp 8.800.000,- dengan rincian Rp 4.000.000,- dianggarkan untuk biaya kuliah dan biaya hidup setiap bulan Rp 800.000,- setiap semester selama mahasiswa kuliah.

Baca juga : Mahasiswa UMUS Masuk Final Dalam Pemilihan Duta Genre Kabupaten Brebes 2021

Kewajiban yang harus dipenuhi oleh mahasiswa penerima KIP Kuliah adalah berprestasi akademik dengan nilai IPK 3,0 setiap semester dan aktif berorganisasi atau unit kegiatan mahasiswa yang diselenggarakan oleh kampus.

Setiap tahun UMUS menerima kuota KIP Kuliah dari kuota LLDIKTI dan aspirasi dewan. Untuk kuota LLDIKTI sebanyak 38 orang, sedangkan kuota aspirasi akan ditentukan kemudian.

Baca juga : Mahasiswa UMUS Juarai Video Lomba Baca Puisi 2021 Tingkat Nasional

Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes sejak empat tahun terakhir menerima mahasiswa jalur KIP-Kuliah yang sebelumnya jalur bidikmisi. Dan alhamdulillah, dengan bantuan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah dalam hal ini Kemendikbud, benar-benar dirasakan oleh mahasiswa dan kampus dalam meningkatkan jumlah penerimaan mahasiswa.

Semoga kebijakan KIP-Kuliah Kemendikbud yang beru tersebut benar-benar terealisasi pada 2021 ini, di mana kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang terdampak bagi masyarakat Indonesia pada umumnya dan Brebes pada khususnya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruang tinggi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*