Wujudkan Jurnal OJS Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMUS Menuju Sinta 2

(Dari kanan) Dekan FEB UMUS, Rektor Untag, dan Prof. Emiliana

Berita Kampus – Dalam melaksanakan salah satu tugas tri dharma sebagai dosen yaitu satu dari tiga kewajiban yang harus dilaksanakan setiap semester adalah melaksanakan penelitian ilmiah. Hasil dari penelitian tersebut dipublikasikan di suatu jurnal yang ditulis dalam format dan tingkat kualitas isi artikel tertentu. Semakin dinilai berkualitas hasil penelitian tersebut maka tingkatan kualitas untuk dipublikasikan di jurnal yang bereputasi tinggi akan terbuka lebar.

Tingkatan kualitas jurnal yang dimaksud terdiri dari berbagai level yang ditetapkan oleh Kemenristek/BRIN, yaitu mulai dari yang terendah adalah Sinta 6, Sinta 5, Sinta 4, Sinta 3, Sinta 2, dan tingkatan kualitas paling tinggi adalah Sinta 1. Dalam pemeringkatan akreditasi suatu jurnal ada kriteria penilaian yang ditetapkan yaitu, Peringkat 1 nilai minimal 85 sampai 100; Peringkat 2 nilai minimal 70; Peringkat 3 nilai minimal 60; Peringkat 4 nilai minimal 50; Peringkat 5 nilai minimal 40; dan Peringkat 6 dengan nilai minimal 30.

Peringkat tersebut dibuat untuk memberikan pilihan bagi lembaga pembina karir jabatan fungsional untuk memilih peringkat akreditasi jurnal ilmiah yang sesuai untuk syarat pengajuan kenaikan jenjang jabatan fungsional. Ketentuan persyaratan tersebut akan diatur kemudian oleh masing-masing lembaga pembina jabatan fungsional. Dengan keluarnya Permenristekdikti tersebut diharapkan lembaga-lembaga pembina jabatan fungsional dan pimpinan perguruan tinggi dapat menyesuaikan kembali ketentuan-ketentuan terkait kategori jurnal ilmiah terakreditasi untuk syarat publikasi ilmiah.

Baca juga : Prodi di FSaintek UMUS Ajukan Program Kompetisi Kampus Merdeka 2021

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Brebes sebagai salah satu fakultas yang ada di Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) dengan dua program studi (prodi) unggulannya, yaitu Manajemen dan Akuntansi telah memiliki portal jurnal OJS masing-masing bernama JECMA (Journal of Economocs and Management) dan JACFIN (Journal of Accounting and Finance).

JECMA dan JACFIN sampai dengan sekarang sudah menerbitkan artikel hasil penelitian dosen sebanyak dua kali publikasi. Untuk mewujudkan jurnal bereputasi nasional pada level Sinta 2, dekan dan pengelola jurnal berupaya salah satunya dengan menggandeng mitra bestari (reviewer) yang sudah berpengalaman yaitu Prof. Dr. Dra. Emiliana Sri P., M.Si.

Publikasi di jurnal ilmiah saat ini menjadi sangat penting dengan adanya persyaratan kenaikan setiap jenjang jabatan untuk fungsional dosen, peneliti, guru, widyaiswara, perekayasa serta fungsional lainnya. Selain itu persyaratan untuk mempertahankan tunjangan kehormatan jabatan Guru Besar dan Lektor Kepala sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 20 Tahun 2017 memerlukan publikasi ilmiah di jurnal terakreditasi.

Baca juga : Dua Prodi UMUS Usulkan Program Bantuan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Persyaratan kelulusan bagi mahasiswa magister dan doktor dalam standar nasional pendidikan tinggi juga memerlukan syarat yang serupa. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan jurnal ilmiah yang terakreditasi nasional. Akreditasi Jurnal Ilmiah adalah pengakuan resmi atas penjaminan mutu jurnal ilmiah melalui kegiatan penilaian kewajaran penyaringan naskah, kelayakan pengelolaan, dan ketepatan waktu penerbitan jurnal ilmiah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*